- PROSES PENYUSUNAN PERSONALIA
 
Proses penyusunan  personalia (staffing process) dapan dipandang sebagai serangkaian  kegiatan yang dilaksanakan terus menerus untuk menjaga pemenuhan  kebutuhan personalia organisasi dengan orang-orang yang tepat dalam  posisi-posisi tepat dan pada waktu yang tepat. Fungsi ini dilaksanakan  dalam dua tipe lingkungan yang berbeda. Pertama, lingkungan eksternal  yang meliputi seluruh faktor di luar organisasi yang secara langsung  atau tidak langsung mempengaruhinya. Kedua lingkungan internal, yang  terdiri dari unsur-unsur di dalam organisasi.
Langkah-langkah proses ini  mencakup:
1. perencanaan sumber daya  manusia, yang dirancang untuk menjamin keajegan dan pemenuhan kebutuhan  personalia organisasi.
2. Penarikan, yang  berhubungan dengan pengadaan calon-calon personalia segaris dengan  rencana sumber daya manusia.
3. Seleksi, mencakup  penilaian dan pemilihan di antara calon-calon personalia.
4. Pengenalan dan orientasi,  yang dirancang untuk membantu individu-individu yang terpilih  menyesuaikan diri dengan lancar dalam organisasi 
- PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA
 
Perencanaan sumber daya  manusia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana  perusahaan memastikan bahwa staf mereka adalah staf yang tepat untuk  melakukan pekerjaan. Sub topics include  planning for staff retention, planning for candidate search, training  and skills analysis and much more. Sub topik mencakup  perencanaan untuk retensi staf, perencanaan calon, pelatihan pencarian  dan analisis keterampilan dan banyak lagi.
- PENARIKAN DAN SELEKSI KARYAWAN
 
Penarikan personalia  adalah suatu usaha yang bekenaan dengan pencarian dan penarikan sejumlah  karyawan potensial yang diseleksi untuk memenuhi kebutuhan  organisasi.Metode penarikan yang biasanya digunakan meliputi :  pengiklanan, leasing, rekomendasi dari karyawan yang sedang bekerja,  penarikan lewat lembaga pendidikan dan kantor penempatan tenaga kerja.
Seleksi adalah pemilihan  seseorang tertentu dari sekelompok karyawan potensial guna mengisi suatu  jabatan tertentu. Adapun beberapa prosedur  seleksi adalah sebagai berikut :
1. Wawancara
2. Pengumpulan data pribadi
3. Pengujian
4. Tes wawancara yang lebih mendalam
5. Pemeriksaan refrensi prestasi
6. Pemeriksaan kesehatan
7. Keputusan pribadi
8. Orientasi jabatan
Beberapa faktor yang  dicari oleh perusahaan dari para karyawan :
1. Latar belakang pribadi
2. Bakat dan minat
3. Sikap dan kebutuhan
4. Kemampuan analitif dan manipulatife
5. Ketrampilan dan kemampuan teknik.
      6. Kesehatan dan stamina
- LATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN
 
Tujuan latihan dan  pengembangan karyawan adalah untuk memperbaiki efektivitas kerja para  karyawan guna mencapai hasil kerja yang telah ditetapkan. Latihan  dimaksudkan untuk memperbaiki penguasaan ketrampilan dan teknik dalam  pelaksanaan pekerjaan tertentu, terperinci dan rutin. Sedangakan  pengembangan memiliki ruang lingkup yang lebih luas, yaitu peningkatan  kemampuan, sikap dan sifat kepribadian.  
Pada umumnya, karyawan  dikembangangkan dengan metode “on the job” dan “off the  job”. Metode “on the job” yang biasa digunakan adalah :   
1.Coaching  
2. Planned progression
3. Rotasi jabatan
4. Penugasan sementara
5. Sistem penilaian prestasi formal.
Sedangkan metode “off the  job” yang biasa digunakan adalah :
1. Program pengembangan eksekutif
2. Latihan laboratorium
3. Pengembangan organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar